Selasa, 20 Desember 2011

5 Kriteria Bisnis Online yang Menguntungkan

 Bismillah,..

Assalamulaikum wr.wb,..

5 Kriteria Bisnis Online yang Menguntungkan

Bagaimana cara membuat bisnis online yang menguntungkan ditengah kepungan jutaan situs web lainnya? Anda akan menemukan bahwa banyak dari faktor-faktor berikut ini yang juga berlaku pada bisnis konvensional. Faktor vital ini merupakan logika yang sederhana sehingga banyak orang-orang cerdas yang lalai mengikutinya. Inilah faktor-faktor tersebut…
Faktor #1 Permintaan yang Kuat Terhadap Barang atau Jasa
Tak ada yang lebih buruk daripada menciptakan sebuah produk dan mendapati kenyataan tidak ada orang berminat membelinya, atau Anda memiliki sangat sedikit konsumen. Kasus lainnya adalah, banyak orang yang menjual barang secara online padahal barang tersebut mudah ditemukan di pinggir jalan dan di pusat-pusat perbelanjaan.
Alih-alih begitu, Anda harus terlebih dahulu menemukan sebuah wilayah tempat permintaan sebuah barang atau jasa tertentu amat tinggi, sebauh masalah yang membuat orang-orang bersedia membayar untuk memecahkannya, kemudian temukan dan ciptakanlah barang atau jasa terssebut yang membuat mereka mau membelinya!
Faktor #2 Idealnya Tak Ada Persediaan
Jenis bisnis online terbaik adalah bisnis yang tidak mengharuskan Anda menangani barang dagangan secara fisik. Apabila Anda menemukan suatu bisnis online yang mengisyaratkan Anda menyimpan persediaan yang pastinya akan membuat Anda mengeluarkan uang untuk membeli barang tersebut, memikirkan penyimpanyan barang tersebut, dan mengatur pengirimannya maka saya sarankan Anda untuk meninggalkan bisnis semacam ini. Mengapa? Karena bisnis online semacam ini membutuhkan banyak upaya, terutama apabila Anda memiliki pekerjaan tetap.
Faktor #3 Biaya Awal dan Operasi Rendah
Ini adalah salah satu kelebihan bisnis online bahwa biaya yang dibutuhkan untuk memulai suatu bisnis jauh lebih murah daripada bisnis konvensional. Saya mengatakan “lebih murah” tidak berati gratis, tetap diperlukan biaya-biaya dalam membangun suatu bisnis online yang baik.
Faktor #4 Jangkauan Global
Kriteria berikutnya adalah memastikan bahwa situs web Anda dan barang/jasa yang dipasarkan, ditargetkan untuk konsumsi dunia. Apabila kita hanya menjual sebuah produk untuk suatu negara, pasar Anda tidak terlalu besar (walaupun tetap saja ada potensi keuntungan disana).
Faktor #5 Produk-Produk yang Memiliki Margin Tinggi
Terakhir, Anda harus menjual produk-produk yang memiliki margin tinggi. Ketika margin keuntungannya rendah, Anda tidak akan mampu mengeluarkan uang untuk anggarang iklan dan software pendukung, keduanya dibutuhkan untuk meningkatkan peringkat Anda di mesin-mesin pencari (search engine).
Pada kenyataanya, produkk “informasi” seperti ebook, software, DVD dan CD memiliki margin keuntungan yang paling basar. Pada satu sisi, biaya pengadaan yang cuma membutuhkan beberapa sen tetapi dapat dijual dengan harga ratusan dolar. Selain itu, pengantarannya murah bahkan gratis.

Smoga bermanfaat,...:)

Wasalam,....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar